Danau Tes Alami Pendangkalan

Danau Tes terletak di Kabupaten Lebong, Propinsi Bengkulu. Danau Tes merupakan sumber air untuk pembangkit turbin PLTA Tes yang terletak di desa Turan Tiging, Kecamatan  Lebong Selatan, Kabupaten  Lebong. Saat ini proses sedimentasi ke badan danau cukup mengkuatirkan, dan apabila dilakukan pengerukan akan mengancam kerbelangsungan PLTA Tes.

Danau Tes mendapatkan suplai air terutama dari Air Ketahun dan Air Pau. Kedua sungai ini bermuara ke danau tes di desa Kota Donok. Vegetasi di pinggiran Air Pau cukup terpelihara, sehingga daerah aliran sungai Air Pau perlu dijaga dan dipantau secara rutin untuk menjamin suplai air yang menuju ke danau.  Sementara Air Ketahun yang kanan kirinya berupa berbukitan memungkinkan terjadinya erosi dan pengendapan sedimen yang dibawa ke dalam danau. Beberapa tahun yang lalu  terjadi banjir bandang yang banyak membawa material  dan masuk ke dalam badan air. Sehingga nampak sekali terjadi pendangkalan badan danau. Hal ini dikuatkan oleh beberapa beberapa orang tua penduduk asli desa Kota Donok. Mereka mengatakan bahwa sewaktu mereka muda kedalam air cukup dalam mungkin lebih dari 6-10 meter, namun saat ini kedalam air tidak lebih dari 2 meter. Keadaan ini dapat dilihat  sepanjang pinggiran danau sudah sejak lama terjadi pelebaran pinggiran danau yang sudah ditumbuhi oleh semak, bahkan oleh penduduk sekitar telah dirubah menjadi petak-petak sawah.

Dengan terjadi pendangkalan oleh proses sedimentasi yang terus terjadi setiap waktu dapat mengancam fungsi Danau Tes sebagai sumber tenaga listrik.  Oleh karena itu  pihak instansi terkait  (PLTA, BKSDA, DAS, Kehutanan, Pemda Lebong) perlu koordinasi untuk mengawasi, menjaga, dan melakukan tindakan untuk kesinambungan ketersediaan air. Misalnya dilakukan pengerukan terhadap sedimen yang masuk ke dalam danau, penataan kembali pinggiran danau, rehabilitasi lahan kritis di bukit daerah hulu air Ketahun, pengawasan DAS. Dan yang lebih penting lagi sosialisasi ke masayarakat sekitas danau untuk menjaga kesinambungan kelestarian sumber daya alam sekitar danau, dengan suatu kompensasi yang diberikan ke masyarakat sekitar, misalya dengan pengembangan dan pembangunan baik fisik dan sosial kemasyarakatan.

Danau Tes di Desa Kota Donok, diseberang danau nampak  Perbukitan yang merupakan Taman Nasional Kerinci Seblat, di bawah perbulitan tampak hamparan dataran sedimen yang semakin melebar. yang telah beralih fungsi sebagai persawahan, dan kebun

Dataran sedimen di desa Kota Donok sebagian telah berubah fungsi menjadi persawahan. Sementara tampak sebagian perbukitan telah gundul karena perambahan hutan secara illegal

About hery haryanto, dept of biology university of bengkulu

Lecturer at Biology Department, Faculty of Science University of Bengkulu, Indonesia Email : h2aryanto@yahoo.com
Gallery | This entry was posted in Home and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s