Sekolah dengan Sabak Elektronik “IPad”

Sewaktu kecil, penulis pernah merasakan dua tahun pertama sekolah dasar tanpa buku melainkan dengan menggunakan “sabak” dan “grip”. Sabak adalah sarana menulis yang terbuat dari semacam batu tipis yang dibingkai dengan kayu. Grip adalah alat tulisnya. Setelah kita menyalin tulisan guru di papan tulis pada sabak, murid-murid diminta untuk menghapalkannya, setelah itu dihapus untuk digunakan untuk menulis pelajaran yang lain. Sehingga murid dituntut kemampuan untuk memori/mengingat. Tiap hari pelajaran berlangsung, dan tiap hari pengetahuan bertambah. Pendek kata sekolah dasar jaman dulu sangat menggantungkan pada kemampuan mengingat. Dan ternyata melatih daya ingat seperti itu menstimulasi otak untuk selalu merekam apa yang dialami.

Kemudian sabak dan grip tergeser dengan buku tulis, dan buku cetak. Kegiatan pendidikan sangat bergantung tulis menulis pada buku, dan otak mulai berkurang bebannya untuk mengingat. Sebab tulisan di buku beberapa waktu yang lalu masih dapat dibaca untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari. Buku cetak semakin banyak, dan semakin tebal. Dan saat sekarang anak Sekolah Dasar pun ke sekolah dibebani dengan banyak buku yang ada dalam tas punggungnya, yang mungkin berat buku yang dibawa hampir setengah berat badanya.

Di waktu yang tidak lama lagi, anak sekolah akan kembali lagi dengan alat seperti sabak jaman dulu yang canggih, yakni “Ipad”, yakni Sabak Elektronik. Kemajuan teknologi informasi akan merevolusi dunia pendidikan, dengan berat kurang dari 3 kg dapat “membawa” ribuan e-book, gambar, foto, musik, video, dan dapat digunakan untuk mengirim e-mail, melihat TV, telpon yang bertatap muka dengan yang diajak bicara. Anak-anak sekolah di waktu yang akan datang tidak menderita/cacat punggung karena tidak membawa beban berat, tidak perlu banyak mengingat karena sudah dibantu harddisk untuk mengingatnya, dan tidak dapat lagi menulis dengan pensil/pena, karena menulis dengan keyboard. Lihat clip video apa itu Ipad.

About hery haryanto, dept of biology university of bengkulu

Lecturer at Biology Department, Faculty of Science University of Bengkulu, Indonesia Email : h2aryanto@yahoo.com
This entry was posted in Home. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s